Kawan, terima kasih sudah mau mampir di sini. Kalau sudah baca postingannya jangan lupa kasih kritik maupun saran buat blog ini dalam bentuk komentar, atau meninggalkan pesan di SINI. Kritik dan saran Kawan sangat aku butuhkan untuk menjadikan blog ini lebih baik lagi. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir.

Posted by : Unknown Sabtu, 08 Maret 2014


Sore, lama nih ga ngepost di blog. Kali ini aku mau cerita tentang PPL semester ini di MAN 3 Kediri. Khususnya di kelasku sendiri, #CARBON. O ya, PPL semester ini ga cuma dari UIN Malang lho tapi barengan juga sama mahasiswa dari UNISKA. Ya, semuanya dah tahu kali ya, kalau biasanya yang dari UIN Malang itu pasti ngajarnya yang berbau agama, tapi kalau dari UNISKA ngajarnya Bahasa Inggris. Haha.
Di #CARBON sendiri ada lima guru PPL. Empat dari UIN dan satu dari UNISKA. Ada Bu Luthfi, Bu Sari, Bu Mifta, Pak Abi, dan Mr. Ardha. Langsung aja nih, mereka dalam ceritaku.
1.     Bu Luthfi Fatihatul Hidayah
Bu Luthfi di #CARBON ngajar sejarah. Kalo ga diganti PPL, biasanya di ajar sama Pak Fachris. Masuk di kelas setiap hari Selasa jam pertama. Awal-awal dulu ngelihat Bu Luthfi tu kayak ngga semangat gitu mau belajar sejarah. Datengnya suka telat, terus suruh baca materi. Males banget jadinya sama sejarah.
Waktu pertama juga masih kelihatan bingung ketika menghadapi temen-temen. Apalagi pas waktu itu temen-temen tu banyak banget yang aktif tanya, dan menurutku kritis juga. Tapi lambat laun, enak juga ngajarnya. Terus dapet tugas untuk buat presentasi. Ada pembanding sama pemateri. Nah kelompokku kebagian jadi pemateri, lumayan lah. Sebenernya aku suka dengan model presentasi gitu, lebih cepet pahamnya. Eh, ternyata kelompokku ga sempet presentasi, soalnya pertemuan terkahir buat ulangan.
Ya, pertemuan terakhir kemarin Selasa, 4 Maret 2014. Hari itu dipake ulangan bab Proklamasi. Lumayan sih soalnya, lumayan sulit maksudnya. Syukur aja deh, ga kenak remidi. Makasih Bu Luthfi.
Menurutku Bu Luthfi itu enak orangnya. Baik, terus ceria. Menurutku juga pembawaannya cukup tenang. Ga terlalu tegang. Buat Bu Luthfi, semoga cita-citanya tercapai dan diridhoi Allah. Amin :)
Bu Luthfi lagi minta tanda tangan


Sama Bu Luthfi lagi


Aku - Bu Luthfi - Dewi - Firman - Syekh 


Foto bareng Bu Luthfi #CARBON


Foto baeng Bu Luthfi #CARBON



Terimakasih Bu Luthfi
2.     Bu Sari Mufadilah


Bu Sari. Bu guru PPL yang ngajar di #CARBON paling mungil dan lucu. Hehe. Di kelas beliau mengajar pelajaran Fiqih, kalau biasanya di ajar oleh Bu Binti. Pas banget babnya tentang nikah-nikah gitu. Jadi agak gimana gitu. Seru-seru.
Bu Sari menurutku orangnya itu paling sabar sama temen-temen. Terus bisa memahami kita-kita. Entah mengapa ketika beliau bilang ‘saya pernah SMA’, aku jadi kaya respect sama beliau.
Suka sih metodenya dengan pengelompokkan dan presentasi. Jadi lebih cepet deh nangkep materinya. Yang bikin lucu tu tugas terakhir suruh nyari masalah. Eits, bukan masalah-masalah yang ada dipikiran kalian lho, tapi masalah tentang bab nikah. Yaitu masalah tentang fasakh, khulu’, dan cerai. Ya seru-seru.
Meski Bu Sari itu sabar, tapi kalau sama Bu Sari itu harus bener-bener sempurna. Gimana ngga, beliau itu bener-bener teliti dan harus lengkap kalau jawab. Pas ulangan kemaren aja. Aku ga bisa asal jawab pertanyaan. Harus bener-bener lengkap kalo jawab, ada kalimat yang kurang lengkap dan salah tulis, langsung coret. Ini nih yang bikin jengkel, padahal menurutku jawaban udah bener. Tapi ga papa, ini mengajarkan tentang totalitas, harus sungguh-sungguh ga boleh setengah-setengah.
Terimakasih buat Bu Sari. Semoga materi tentang nikahnya bermanfaat. Amin :)
Bu Sari lagi jelasin


Bu lagi jelasin


Penyerahan kepada Firman


Mau foto bersama


Foto bersama #CARBON


Foto bersama #CARBON


Selesai foto bersama #CARBON


Lagi-lagi foto


Aku - Bu Sari - Fia - Gama


Ali - Rois - Riza - Bu Sari - Ravine - Syahrul - Gama


3.     Bu Miftakhul Jannah


Bu Mifta. Ini nih guru yang buat minder kalau pas di depannya. Beuh, tingginya bro, menjulang. Bu Mifta sendiri ngajar Akidah Akhlak. Yang biasanya di ajar sama Pak Zen.
Menurutku Bu Mifta itu sangat disiplin banget di kelas. Kalau masih ada temen yang masih pake baju olahraga, soalnya jam sebelumnya olahraga, harus ganti dulu dan pelajaran ga akan di mulai. Meski temen-temen ngrayu-ngrayu untuk tetep pake olahraga, tetep ngga diizinin. Jadi sering deh kejadian kalo pas Bu Mifta datang tu ga langsung pelajaran dulu, pasti kelasnya masih kosong, karena temen-temen masih ganti baju. Haha.
Dulu pernah sih kena hukum dari Bu Mifta. Ini nih yang bikin bete’. Disuruh maju gara-gara masuk ke kelasnya telat. Sebenernya pas itu, aku ke kamar mandi, ya kan biasalah masih antre, pas masuk kelas udah selesai baca Asmaul Husna. Eh masuk-masuk disuruh maju ke depan. Ga sendiri sih, ada Rois sama Roni. Akhirnya dihukum di kasih pertanyaan tentang tasawuf. Aha, untung aja pas itu ada sliweran kata yang ternyata bener jawabannya.
Sebenernya ga tipe banget sama Bu Mifta. Soalnya suruh nulis banyak banget. Materinya sih ditayangin di LCD, tapi tetep aja males nulis. Apa lagi materi tentang tasawuf, materi yang membingungkan. Tapi sempet diajak nge-game di aula, seru banget. Di ajak buat lebih ngompakin kebersamaan sama temen-temen. Game itu judulnya si buta. Jadi ada yang jadi si buta terus temen-temen yang lain melingkar, dan lingkaran itu harus berjalan memutar, si buta harus menangkap satu orang dan disebut namanya, dan akan mendapat pertanyaan. Jika jawaban benar, maka si buta akan menjadi si buta lagi, jika salah si buta akan di ganti. Seru-seru, banget. Apa lagi pas itu temen-temen lagi kumat jahilnya buat ngenain ke seseorang. Haha.
So far okelah buat Bu Mifta. Terimakasih buat ilmunya Bu. Semoga yang diinginkan diridhoi Allah. :)
Bu Mifta lagi jelasin


Bu Mifta lagi jelasin


Bu Mifta lagi jelasin


Foto bersama #CARBON


Foto bersama #CARBON


Foto bersama #CARBON


Foto bersama #CARBON cewek


Bu Mifta sama Mira


Bu Mifta sama Dewi


Foto bersama #CARBON cowok


Game si buta


Bu Mifta ngasih pertanyaan


4.     Pak Ahmad Badrus Hisbullah


Biasa dipanggil Pak Abi. Ini nih guru tergokil. Biasa mengajar Quran Hadis, biasanya di ajar sama Pak Edi.
Pak Abi itu dikenal dengan hafalan yang kuat. Kadang juga disebut Dominic Badrus. Kalo pas masuk kelas tu mesti disuruh ngabsen dulu dengan menghafal. Dan uniknya beliau bisa. Keren-keren sih.
Saya suka dengan gaya beliau yang menggunakan praktek langsung dengan tidak mengesampingkan teori. Apalagi sama Pak Abi di ajak berbagi di panti asuhan. Itu merupakan pendidikan yang nyata banget. Terus ada tugas untuk foto kebaikan. Ini nih yang lucu. Banyak ide-ide kreatif dari temen-temen yang unik. Meskipun kadang kalo foto tu ada yang settingan. Tapi ngena banget menurutku.
Ga ada nyatatnya, ini nih yang seru. Jadi ga ngebosenin. Cuma hafalan-game-ulangan begitu. Hafalannya juga dipermudah lagi. Yang penting cuma lafadz benar, artinya ga harus sama dengan di buku, jadi bisa mengarang bebas deh. Terus game nya itu puzzle. Puzzle yang isinya dalil-dalil tentang bab yang bersangkutan. Sebenernya ga terlalu suka dengan medianya, kalo gamenya suka banget. Soalnya media pake sterofoam, itu kan barang ga ramah lingkungan, apalagi MAN 3 Kediri itu sekolah adiwiyata. Takutnya ntar malah jadi masalah. Ni nih ulangan. Ulangan dari Pak Abi itu enak pake banget. Giamana ngga, sebelum ulangan di kasih kisi-kisi. Dan itu sangat memudahkan. Alhamdulillah hasilnya lumayan sih.
Pak Abi ini yang sering jadi bahan omongan temen-temen. Di gosipkan sama temen sekelas yang jadi ketua radio. Ngga tau itu bener atau ngga kebenarannya sampe sekarang. Tapi pas ngomongin sama temen-temen ikutan aja. Tapi kayaknya sih bener kok, salnya Pak Abi mesti senyam-senyum pas lagi di sindir sama dia.
Ya udah deh, buat Pak Abi semoga ilmunya berkah ya Pak. Amin. :)
Pak Abi lagi jelasin
Doa dari Pak Abi
Pas di panti
Buat puzzle di camp


5.     Mr. Ardha Ardianto


Mister Ardha. Orang yang kalo ngomong menurutku aga gimana gitu. Mungkin karena pake Bahasa Inggris kali ya. Awalnya sih ga banget pas Miss Zidni diganti sama guru PPL. Aku udah srek banget sama cara ngajar Bu Zidni, eh di ganti. Ya kebawa deh, awalnya suka males pas di ajar sama Mr. Ardha. Apalagi kalo dateng tu selalu always ontime. Jadi abis pulang dari masjid selalu Mr. Ardha udah ada di bangku guru.
Metodenya sih suka banget, pake powerpoint terus dijelaskan pake contoh-contoh pula. Dan filenya juga boleh dicopy, jadi bisa belajar kapan aja di rumah. Yang seru itu pas materi tentang debate. Padahal sebelumnya udah bikin skenario buat aku ngomong gini terus temen yang lain gitu, eh pas tampil ternyata waktunya masih cukup, jadi dilanjutin deh. Sempet bingung banget mau ngomongin apa lagi. Hehe.
Lalu ada juga tuas buat rekaman. Judulnya buat jadi good readers. Ini perjuangan banget menurutku. Dengan kemampuan speaking yang pas-pasan aku harus bisa. Katanya sih yang bagus lima besar bakal dapet hadiah. Awalnya ngarep tapi dengan melihat realitas, zonk hasilnya. Tapi lumayan lah bisa nglatih speaking.
O ya pas pertemuan terakhir kemarin Kamis, 6 Maret 2014, Mr. Ardha menurutku amazing banget. Beliau ngasih ke kami (#CARBON) sebuah motivasi tentang hidup. Intinya hidup itu harus punya mimpi, dan mimpi itu harus diwujudkan. Apalagi juga dikasih video tentang kehidupan Nick Vujinic, yang ga punya tangan dan kaki. Nyentuh banget. Terus diajak nyanyi bareng juga. Ni nih masalahnya pas itu tenggorokan lagi sakit, jadinya gabisa full deh nyanyinya.
Terimaksih buat Mr. Ardha. Semoga sukses dan SEE YOU IN AUSTRALIA :)
Mr. Ardha jelasin 


Mr. Ardha lagi ngehukum


Foto bersama #CARBON


Foto bersama #CARBON


Itu dia guru-guru PPL dalam ceritaku. So far, thanks buat ilmunya nggeh bapak-ibu PPL. Semoga laporannya lancar dan lulus dengan hasil memuaskan.
Sayang banget hari ini ga bisa hadir di perpisahan, padahal pengen banget lihat mereka, soalnya ni badan lagi ga sehat bener. Sayang sekali.
Untuk buat postingan ini banyak terimakasih buat temen-temen #CARBON. Buat Sinta, Dewi, Esti, Naila. Thanks ya. :)
Samapi jumpa lagi.


Mr. R

{ 4 comments... read them below or Comment }

- Copyright © My Life, My Story, My World -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -